English French German Spain Italian Dutch Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Sabtu, 06 April 2013

Beda Kerudung dengan Jilbab

Sore tadi sebelum pulang sekolah, ada seorang guru bertanya padaku
Kerudung
"Kamu tau bedanya kerudung sama jilbab??" Pertanyaan simple sih sebenernya, tapi itupun aku masih bingung gimana mau jawab.

Ya terpaksa aku jawab sekedarnya, kalau jilbab itu menutupi semua bagian kepala hingga dada seperti yang aku gunakan sehari hari. Tapi kalau kerudung itu hanya bisa menutupi rambut dan lehernya masih terlihat. Ternyata jawabanku yang seadanya tapi itu SALAH.
jilbab

Kata beliau "Jilbab itu kain yang menutupi hingga ke dada dan separuh tangan, tapi kalau kerudung itu seperti yang kamu kenakan sehari hari itu, coba ingat, kebanyakan teman pasti tanya ke kamu 'gimana to pakai kerudungmu itu' bukan gimana to pakai jilbabmu itu, bener gak??"
Iya juga ya, Rosululloh kan mengutus para muslimah berjilbab hingga menutupi bagian dada serta pakaian yang menutupi semua auratnya. Tapi kok kebanyakan orang sekarang justru mengikuti trend dan melupakan perintah Rasul itu ya?? Astaghfirullah....

Sedangkan menurut beberapa sumber, Kerudung adalah semacam selendang yang menutupi sebagian besar atau seluruh bagian atas kepala dan rambut perempuan. Sedangkan Jilbab adalah busana muslim terusan panjang menutupi seluruh badan kecuali tangan, kaki dan wajah yang biasa dikenakan oleh para wanita muslim.

Jadi maaf ya kalau ada kekeliruan, maklumlah aku hanya manusia biasa. Jadi tolong dimaafkan ya...

Tapi aku kok jadi pingin deh berjilbab yang syar'i sesuai tuntunan Rasululloh, kapan ya aku bisa melakukannya?? Semoga secepatnya, mudahkan hamba ya Rabb...

Lalu pendapat kalian sendiri tentang perbedaan jilbab dan kerudung bagaimana?? Ada pendapat lain?? silahkan share,,,

0 komentar:

Posting Komentar